SEJARAH SINGKAT DAN STATUS STKIP-PGRI PONTIANAK


Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (STKIP-PGRI) Pontianak didirikan pada tanggal 25 Juli 1981 oleh pengurus Daerah PGRI Kalimantan Barat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan guru sebagai anggota PGRI sekaligus dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan. Berdasarkan kesepakatan, dati pengurus Daerah PGRI Kalimantan Barat mengutuskan Tiga orang,yakni Drs. Hadari Nawawi (Prof. Dr. H. Hadari Nawawi), selaku ketua PD PGRI, Drs. R. Daliman, selaku wakil ketua PD PGRI, dan Drs. Herculanus Aten, selaku sekretaris bidang pendidikan Tinggi PD PGRI menghadap koordiantor Kopertis Wilayah II Palembang yang pada saat itu untuk membicarakan tentang akan diselenggarakan Pendidikan Tinggi yang bernaung dibawah payung PD PGRI Kalimantan Barat.
Hasil Pembicaraan dengan pihak Kopertis disetujui untuk didirikan Perguruan Tinggi nama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (STKIP-PGRI) Pontianak. Pada mulanya STKIP-PGRI Pontianak menyelenggarakan program sarjana muda (Bachelor of Art).
Ketua pertama STKIP-PGRI Pontianak adalah Drs.Hadari Nawawi (Prof. Dr. H.Hadari Nawawi) sebagai ketua koordinator, Drs Bawadli Abdullah (Almarhum) sebagai pembantu ketua I, Drs. Syarif Adwan Rosihan sebagai pembantu Ketua II, dan Drs. U. Husna Asmara sebagai pembantu Ketua III, (Prof. Dr. H. U. Husna Asmara, M.pd ).
Sedangakan pimpinan untuk tingkat progarm studi sekaligus merangkap ketua program studi adalh sebagi berikut :
1. Jurusan Ilmu Pendidikan Program Studi Administarsi dan SupervisiPendidikan oleh Dra. Sutini Ibrahim (Prof. Dr. Hj. Sutini Ibrahim).
2. Jurusan Ilmu Pendidikan Program studi Bimbingan dan Penyuluhan (Bimbingan dan Konseling) oleh Dra.Hj. Makmur Salimi (almarhum).
3. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Program Studi Pendidikan Moral Pancasila( Pancasila dankewarganegaraan) oleh H. Bal”am Alwi SH (ALmarhum).
4. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Program Studi Pendidikan Matematika oleh Drs. R.Daliman, B.A.(Almarhum).
Mengingat berdirinya PTS harus dinaungi sebuah yayasan, maka dibentuklah Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (YPLP-PGRI) yang diketuai oleh H.M.Ali As,SH, bersama para pengurusnya yang diangkat oleh Pengurus Daerah Tingkat I PGRI KalimantanBarat pada tanggal 17 Maret 1982, dengan izin operasional dari Kopertis Wilayah II Palembang tanggal 23 Oktober 1981 Nomor : 16/a Tahun 1981.
Pendirian STKIP-PGRI Pontianak tersebut adalah sebagai realisasi Keputusan Konferensi Daerah PGRI Kalimantan Barat XVIII tahun 1980di Pontianak, sebagai usaha untuk mewujudkan amanatyang tertuang didalam Anggaran Dasar PGRI Bab III pasal 3 tentang tujuan, sebagai berikut :
a. Mencapai realisasi cita-cita Prokalamasi Kemerdekaan Negara Republik Indonesia 17 Agustus 1945, sebagaimana terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945;
b. Turut mensukseskan pembangunan nasional, khususnya dalam bidang pendidikan dan kebudayaan yang menjadi garis kebijaksanaan pemerintah ; dan
c. Mempertinggi kesadaran ,sikap,mutu,dan kegiatan profesi guru serta realisasinya.
Berkat kesadaran yang tinggi dari tokoh-tokoh pendidik, terutama para dosen Universitas Tanjungpura Pontianak serta tokoh-tokoh masyarakat dan Pemerintah Daerah akan hari depan daerah yang memerlukan banyak kader-kader pembangunan daerah, utamanya disektor pendidikan, serta bantuan dan dukungan dari seluruh anggota PGRI,maka eksistensi STKIP-PGRI Pontianak sampai saat ini terpelihara denagn baik.
Pada mulanya,perkuliahan dilakukan digedung Sekolah Pendidikan Guru (SPG) Negeri Pontianak (sekarang SMA N 1 Pontianak) jalan Ekonomi 71 dan SPG-PGRI (sekarang SMK -PGRI) yang terletak di jalan Alianyang Pontianak Kota.Sejak tahun 1990 STKIP_PGRI Pontianak menyelenggarakan perkuliahan digedung sendiri yang terletak dijalan Prof Dr. M.Yamin/jl. Ilham Kota Baru /jl. Danau Sentarum Pontianak Kota. Saat ini gedung perkuliahan yang tersedia 40 ruang, dan masing-masing program studi memiliki laboratorium.
Denagn diberlakukannya Sistem Kredit Semester(sks) untuk seluruh perguruan tinggi di Indonesia pada tahun 1985,maka STKIP-PGRI Pontianak tidak lagi menyelenggarakan Program Sarjana Muda,tetapi menyelenggarakan Program Sarjana (S-1) berdasrkan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 0121/0/1985, tanggal 11 Maret 1985, yang diperbaharui dengan Surat keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor : 507/DIKTI/Kep/1992tanggla 16 November 1922.

pedoman operasional thn 2008/2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: