Sekilas Sejarah Permainan Bola Tangan

Permainan bola tangan yang kita kenal sekarang ini, pertama kali diperkenalkan pada tahun 1890 oleh seorang guru senam dan tokoh gymnastic dari perkumpulan Turnen di Radenburg Jerman yaitu Konrad Korc dan Max Haizer. Pada tahun 1917 Max Haizer menciptakan permainan yang diberi nama torball, kemudian tahun 1919 Carl Scheleur mengubah permainan torball menjadi “hand ball”. Di Jerman permainan bola tangan berkembang dengan pesatnya dan pada tahun 1928 yang bertepatan dengan dilangsungkan OLympic Games, wakil dari 11 negara mengadakan pertemuan di Amsterdam Belanda. Dari hasil pertemuan tersebut terbentuklah suatu organisasi Federasi bola tangan dunia yang dinamakan IAHF,internasional Amateur Hand Ball Federation, dengan presiden /ket ua adalah Every Bundage.
Kemudian setelah perang dunia berakhir, IAHF berubah nama menjadi IHF, International Hand Ball Federation,. Pada tahun 1974 terbentuklah federasi bola tangan Asia AHF, Asian Hand Ball Federation, dan sebagai presiden / ketuanya adalah Syeikh Faid AL-Ahmad AL_Sabah dari Kuwait.
Di Indonesia permainan bola tangan telah dilakukan sejak penjajahan Belanda, tetapi sayang sampai sekarang tidak banyak dikenal masyarakat. Hal ini dapat dilihat dengan tidak adanya top organisasi atau induk organisasi atau perkumpulan-perkumpulan bola tangan serta tidak adanya pertandingan. yang diselenggarakan.
pada tahun 1951 permainan bolatangan merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada PON VII di Jakarata, yang hanya diikuti Jaewa Barat, Jawa Tengah dan Jakarta. Permainan bola tangan juga pernah dimainkan sebagai salah satu cabang olahrag pada POM, Pekan olahraga mahasiswa, akan tetapi setelah POM di Medan permainan bola tangan dicoret dari daftar cabang olahraga yang sangat mudah menimbulkan perkelahian.
Permainan bola tangan Di Indonesia banyak dikenal kalangan pelajar, baik di sekolah dasar maupun disekoalh lanjutan karena permainan ini merupakan salah satu cabang olahraga yang diajarkan.

1 Komentar

  1. Anonymous said,

    Februari 28, 2009 pada 2:26 pm

    lanjutkan aktivitas kerejamu


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: